Assalamualaikum warohmatullahi wa barakatuh

Merasa sudah mapan dan mampu, mungkin ngga sedikit dari kalian memiliki keinginan untuk berumah tangga, namun sebelum melakukan sunnah tersebut. Sebaiknya kalian terutama kaum pria harus teliti dan tidak buru-buru untuk memilih pasangan. Sebelum memutuskan ada baik nya kalian memperhatikan pesan dari Imam Al-Ghazali seputar beberapa type wanita yang dihindari untuk dijadikan pasangan hidup.

1.      ANNANAH (Sering mengeluh dan mengadu)
Menikahi wanita type ini membuat suami sulit mencapai sakinah dalam keluarga. Berkeluh kesah memang menjadi sifat alami manusia, namun bukan berarti setiap hal atau permasalahan harus dikeluhkan. Karena mengeluh tidak mendatangkan solusi apapun. Sedangkan mengadu biasanya sering merusak hubungan baik antara manusia seperti kerabat ataupun sahabat apalagi jika yang suka diadukan istri pada orang tua suami.

2.       MANNANAH (Suka mengungkit-ngungkit kebaikan)
Adalah wanita yang suka mengungkit ngungkit kebaikan dan jasa nya sendiri. Menikahi wanita tipe ini sama saja menghambat peran sang suami sebagai pemimpin keluaga. Biasa nya jika mereka sedang bertengkar atau berbeda pendapat, sang istri akan selalu mengungkit kebaikan ataupun jasanya. Apalagi jika secara ekonomi, sang suami lebih rendah dibanding istrinya. Selain itu mengungkit kebaikan bisa berbahaya bagi kehidupan akhirat keluarga. Setiap keluarga muslim pasti menginginkan untuk bisa masuk ke surga Allah bersama sama, nama karena perilaku mengungkit kebaikan ini justru bisa mengancam terhapus nya pahala kebaikan tersebut.

3.       HANNANAH (Suka membanding – bandingkan)
Wanita ini memiliki hobi membanding-bandingkan dengan orang lain atau orang dimasa lalu nya, baik jasa ataupun kebaikan nya. Jika wanita tersebut seorang janda, ia akan sering mengungkit kelebihan mantan suaminya atau wanita itu belum pernah menikah, ia akan sering menceritakan ayah dan saudara lelakinya di depan sang suami.

4.       BARROQOH (Suka bersolek sepanjang hari)
Tipe wanita yang dimaksud ini adalah wanita yang suka bersolek atau dandan sepanjang hari, meskipun demi tampil cantik dihadapan suami, berhias sepanjang hari termasuk sikap yang berlebih – lebihan. Berlebihan dalam mengeluarkan uang karena belanja kosmetik ataupun berlebihan dalam memanfaatkan waktu yang mengabaikan kewajiban – kewajiban lainnya. Dandan berlebihan untuk suami saja tidak dianjurkan apalagi untuk orang lain.

5.       HADDAQOH (Suka berbelanja banyak)
Tipe wanita ini berkeinginan untuk berbelanja banyak alias boros. Dia akan selalu merengek kepada sang suami untuk dibelikan barang – barang yang padahal belum tentu dibutuhkan atau bermanfaat untuk kehidupan nya. Imam Al – Ghazali melarang kaum pria untuk menikahi wanita yang semacam ini, meski kondisi keungannya baik atau mampu memenuhi keinginan sang istri.

6.       SYADDAQOH (Suka banyak bicara)
Ialah merupakan tipe wanita yang banyak bicara atau cerewet, semua hal bisa ia komentari, namun tidak mendatangkan manfaat. Menikahi wanita tipe ini sulit bagi suami menemukan kedamaian dalam rumah tangga. Karena bisa jadi sang suami justru menjadi sasaran komentar pedas dari sang istri.

Begitulah pesan –pesan Al Ima Al – Ghazali dalam kitabnya yakni  Ihya Ulumuddin.
Wallahu alam bishowab

Post a Comment

Previous Post Next Post