Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh

Sempat beredar klaim dari pada sejarawan bahwa penguasa Inggris yakni Ratu Elizabeth II merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW, hal ini pun mengundang rasa penasaran dan tanda tanya besar bagi seluruh masyarakat, namun apakah benar Ratu Elizabeth II benar – benar keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW ???

Sejumlah media menurunkan tulisan yang berjudul “Ratu Elizabeth II merupakan keturunan dari pada Nabi Muhammad SAW” hal ini dimulai pada 2017 lalu media “The ObsereverPLus” menulis berita yang menyebutkan hal tersebut. Berita yang ditulis The ObserverPlus dengan mengacu pada sebuah penerbit buku bernama “BURKE PEERAGE” pihak ini mengklaim bahwa Ratu Elizabeth II merupakan keturunan ke 43 dari Nabi Muhammad SAW, klaim tersebut termuat dalam surat yang di tulis oleh Direktur penerbitan Harel Burke Peerage kepada perdana mentri Inggris Margareth Thatcher pada 1986. Burke Peerage kemudian menjelaskan bahwa Ratu Elizabeth II dan keluarga kerajaan memperoleh garis keturunan Nabi Muhammad SAW  melauli Khalifah – Khalifah Andalusia. Khalifah yang dimaksud adalah keturunan Arab yang pernah menguasai Spanyol pada tahun 756-929.

Menurutnya pendiri Dinasti ABBADID “ABU AL – QASIM MUHAMMAD IBNU ABBAD” adalah orang yang menurunkan darah Nabi kepada anggota Kerajaan Inggris melalui skema pernikahan antara Bangsawan, darah AL – QASIM telah mengalir sampai ke Raja INGGRIS “EDWAR IV OF ENGLAND” pada Abad ke 15. Dari situlah muncul klaim yang menyatakan kalau Ratu Elizabeth II adalah keturunan Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini tentu saja bukan asal – asalan semata Burke Peerage melacak silsilah kerajaan Inggris dari berbagai macam sumber. Dari penelusuran itu berhasil melacak leluhur Ratu Elizabeth II hingga 43 orang kakek dan nenek moyang nya.

Nenek moyang yang ke 28 dari Ratu Elizabeth ialah seorang wanita yang dikena dengan nama ZAIDAH dari Sevilla, dan Zaidah sendiri menurut silsilah yang di rilis adalah putri dari AL – MU’TAMID BIN ABBAD” seorang Raja terakhir dari Dinasti ABBAD yang sempat berkuasa di Andalusia pada awal Abad ke 11, namun ia pergi meninggalkan kota kelahirannya lalu pindah ke Agama Kristen yang dikenal sebagai ISABELLA. Meskipun silsilah ini terkesan meyakinkan, namun setelah di teliti, ZAIDAH atau ISABELLA yang disebut sebagai putri AL – MU’TAMID BIN ABBAD ternyata bukan anak kandung AL – MU’TAMID BIN ABBAD melainkan menantunya. 

Gara – gara hal tersebut tanggapan pun muncul beragam, seperti hal nya Editorial peneliti lembaga itu menulis sekaligus menghimbau perdana menteri yang tengah menjabat yaitu Margaret Thatcher untuk memberikan peringatan pengamanan bagi Ratu Elizabeth II dan keluarga Kerajaan. Burke peerage menuliskan keturunan langsung keluarga Kerajaan dari pada Nabi Muhammad SAW tidak dapat diandalkan untuk melindungi keluarga kerajaan dari teroris muslim.

Burke peerage mengatakan bahwa darah Nabi Muhammad SAW mengalir ke kerajaan INGGRIS melalui Raja – Raja Arab di Sevil yang pernah memerintah Spanyol. Klaim tersebut juga didukung oleh sebuah Riset Genelogi dari Spanyol dan penelusuran mantan Mufti Agung Mesir Ali Gomaa yang membuktikan hal serupa, bahwa darah Nabi Muhammad SAW mengalir ke Kerajaan Inggris melalui Raja – Raja Arab di Sevil yang pernah memerintah Spanyol itu.

Kendati demikian klaim itu tetap disikapi secara skeptis oleh sejumlah sejarawan lain dan beberapa Media. Dikutip dari DailyMail Majalah Inggris The Spectator menunjukan asal usul Zaidah bisa diperdebatkan dan tidak pasti. Sehingga klaim bahwa Ratu Elizabeth II merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW berlandaskan pada fakta yang lemah.
Wallohu’alam bishowab.

Wasalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh

Post a Comment

Previous Post Next Post