Assalamu’alaikum Warohmatullahi wa barokatuh

Bisa dibilang nyamuk ialah hewan yang sering  mengganggu karena gigitan nya kita tidak bisa tidur. Meski begitu hewan kecil ini Allah SWT sebutkan dalam Al-Qura’an. Bagitu istimewa kah nyamuk ? dan apa saja kah fakta kehebatan nya.

Mengapa Allah SWT menciptakan nyamuk ??

Meski dapat menyebabkan penyakit malaria, demam berdarah dsb. Ternyata banyak sekali fakta tentang nyamuk yang sangat luar biasa salah satu nya disebutkan oleh ilmuan bahwa nyamuk memiliki 100 mata,48 gigi dan 3 jantung, 1 jantung sebagai pusat dan 2 lainnya sebagai pengatur sayapnya selain itu nyamuk juga memiliki kepakan sayap yang bisa mencapai 600 kepakan/detik, itu lah mengapa nyamuk bisa menimbulkan suara dengungan.
Allah SWT berfirman

Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Ada pun orang orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “ apa maksud Allah menjadikan ini untuk perumpaan?” dengan perumpaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpaan itu (pula) banyak orang yang diberi –Nya petunjuk, dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik” (QS.AL-BAQARAH:26)

Didalam nyamuk juga banyak tanda kebesaran Allah SWT, hewan ini juga memiliki radar yang dapat mendeteksi beberapa hal. Dengan radar itu ia bisa mencari tahu keberadaan manusia melalui suhu tubuh. Allah telah memberikan tehnik kepada nyamuk untuk dapat menemukan karbondioksida yang dikeluarkan manusia sehingga ia bisa menghisap darah. Namun sebenarnya hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah untuk proses reproduksi nya karena membutuhkan protein untuk tubuh dan nyamuk menghisap darah bukan untuk dimakan, karena makanan nyamuk ialah sari sari bunga.
Nyamuk juga disebutkan dalam sebuah hadist dari Sa’al bin Sa’ad berkata Rosulullah SAW pernah bersabda :

“Seandainya dunia ini sama nilai nya dengan sayap nyamuk disis Allah. Niscaya ia tidak akan memberikan minuman dari dunia itu kepada orang kafir, meski pun hanya seteguk air”  (HR. TIRMIDZI: 2242)

Maksud dari hadist diatas ialah bahwa dunia ini sebenarnya tak bernilai sama sekali walau hanya nilai nya menyamai sebelah sayap seekor nyamuk. Lagi-lagi hewan nyamuk ini disebutkan. Maksud disini bukan berarti sayap nyamuk tak bernilai tetapi yang menjadikan nilai dunia ini lebih rendah dari nyamuk adalah dikarenakan pola dan tingkah laku manusia itu sendiri. Jika manusia memiliki akal seharusnya tidak mengganggu orang lain, tidak membuat kerusakan dibumi dan memperbaiki moral.

HIKMAH PENCIPTAAN NYAMUK

Beberapa manfaat dari nyamuk yakni, Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang bermanfaat bagi ekosistem tanaman dan juga nyamuk bermanfaat sebagai rantai makanan bagi spesies lain seperti kodok, cicak bahkan ikan ikan kecil seterusnya hingga ikan ikan besar yang akan disantap manusia. Dan juga diciptakan nya nyamuk  juga menjadi sebuah kegiatan ekonomi, kalo tidak ada nyamuk maka tidak akan ada perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi jenis obat nyamuk dan membuka lapangan pekerjaan.

Nyamuk juga diciptakan agar manusia tidak sombong karena ternyata sekuat apapun fisik manusia tidak ada apa apa nya dibandingkan dengan makhluk kecil seperti nyamuk. Satu kali gigitan nyamuk Aedes Aegypti bisa mengakibatkan orang yang terkena gigitan tersebut menderita penyakit dema berdarah dan harus dirawat di Rumah Sakit. Maka apalagi yang akan kita sombongkan, sedangkan kita masih tak berdaya menghadapi makhluk sekecil nyamuk seperti yang tertera dalam Al-Qur’an

“... dan boleh jadi(pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS. AL-BAQARAH: 216 )

Tak terbayangkan pasti bagaimana menciptakan makhluk sekecil itu bisa hidup. Sebesar apa jantung nya, sayap nya dan masih terbesit dalam fikiran kita. Mustahil makhluk sekecil itu bisa hidup dan membahayakan manusia. Ini lah kekuasaan Allah SWT yang mampu menciptakan apa saja yang ia kehendaki. Inilah hikmah yang terkandung dalam penciptaan makhluk yang dianggap hina dan tidak berguna oleh sebagia orang. Ternyata kita bisa mengambil pelajaran yang sangat berharga dan ini semua menunjukan atas kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.
Wallahu’alam bishowab

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post