Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Apa kabar kalian ? Semoga semua nya dalam keadaan sehat wa afiat yah dan senantiasa di berikan karunia oleh Allah SWT. Amin Ya Robbal 'Alamiin.

Pada postingn kali ini admin ini memberitahukan kisah dari seorang dari salah satu WaliSongo yaitu Sunan Muria. BeliauSunan muria yang memiliki nama asli Raden Umar Said adalah Putra Sunan Kali Jaga dengan Dewi Saroh. Nama muria diambil dari nama tempat tinggal terakhir beliau di lereng Gunung Muria, kira-kira 18km ke utara Kota Kudus. Seperti sang ayah, dalam berdakwah beliau menyampaikan dengan cara yang halus, ibarat mengambil ikan sampai mengeruhkan airnya. Itulah cara yang ditempuh untuk men-syiarkan agama Islam disekitar gunung Muria.

Berbeda dengan sang ayah. Beliau lebih suka tinggal di daerah yang sangat terpencil dan juga jauh dari pusat kota untuk menyebarkan Agama Islam. Sunan Muria tinggal di salah satu puncak Gunung Muria yang bernama colo. Beliau disana juga aktif bersosialisasi tanpa pandang bulu atau latar belakang nya dan juga sambil mengajarkan keterampilan-keterampilan bercocok tanam, berdagang dan melaut. Untuk menyampaikan ajaran islam, beliau adalah satu-satu nya wali yang masih mempertahankan kesenian wayang dan gamelan sebagai alat dakwah, salah satu hasilnya adalah tembang dan kinanti.

Sunan Muria adalah wali yang terkenal memiliki kesakstian. ia memiliki fisik yang kuat karena sering naik turun gunung muria yang tungginya sekitar 750m. bayangkan, jika ia dan istrinya atau muridnya harus nrik turun gunung setiap hari untuk menyebarkan agama islam kepada penduduk setempat atau berdakwah kepada para nelayan dan pelaut serta para pedagang. hak itu tidak dapat dilakukannya tanpa fisik yang kuat.
dan bukti kesaktian beliau pun dapat ditemukan dalam kisah perkawinan Sunan Muria dan Dewi Roroyono. 

Dewi Roroyono adalah putri sunan ngerang, yaitu seorang ulama yg disegani masyarakat karena ketinggian ilmunya, yang bertempat tinggal di juana, pati, jawa tengah. Demikian sakti sunan ngerang sehingga sunan muria dan sunan kudus sampai berguru kepadanya.

mungkin itu saja, semoga bermanfaat, wasalamu'alaikum


Post a Comment

Previous Post Next Post