Sudah kita ketahui Mitos dikalangan masyarakat ini bahwasannya ketika ada orang yang menabrak kucing maka orang tersebut akan mendapatkan kesialan atau jika yang menabrak adalah seorang pria yang istri nya sedang hamil, maka akan berdampak buruk pada kehamilannya.

Hingga saat ini mitos menabrak kucing dan akan mendapatkan kesialan masih dipercaya oleh banyak masyarak disekitar kita ini. Akan tetapi banyak orang yang tidak tahu akan alasan dan fakta nya tentang menabrak kucing yang salah satu hewan kesayangan Nabi Muhamad SAW.

Lantas bagaimana islam memandang hal yang semacam ini ???

Sesungguhnya kucing memang  hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW, bahkan Rosulullah Pernah berpesan kepada para sahabat bahwa kucing hendaknya disayangi seperti menyayangi keluarga kita sendiri, sebab Allah akan memberika pahala apabila umat islam menyayangi dan memelihara kucing..

KISAH WANITA YANG MASUK NERAKA KARENA SEEKOR KUCING

Dalam hadist Nabi Muhammad SAW bersabda 

“Ada seorang wanita yang di adzab karena seekor kucing. Dia kurung seekor kucing sampai mati, sehingga dia masuk neraka. Dia tidak memberinya makan, tidak pula minum, dan tidak di lepaskan sehingga bisa makan binatang melata tanah” (HR BUKHARI & MUSLIM)

Terlebih lagi kucing bukan lah hewan yang dibolehkan untuk dibunuh jika mengganggu, pasalnya dalam islam ada beberapa hewan yang boleh dibunuh jika mengganggu atau mengancam keselamatan kita.

Akan tetapi jikalau kita menabrak kucing tanpa ada unsur kesengajaan maka sang penabrak tidak menanggung resiko apapun kecuali hewan itu milik orang lain kemudian dia mengganti rugi ke pemilik nya.

Sebagaimana Allah SWT berfirman 

“Tidak ada dosa bagimu untuk perbuatan yang kamu tidak sengaja, tetapi (yang ada dosa) apa yang disengaja oleh hatimu” QS AL AL AHZAB : 5

Maka dari itu tugas kita yang tidak sengaja menabrak kucing dijalan atau dimanapun adalah mengubur nya agar bangkai kucing ini tidak mengganggu orang lain. Islam juga mengajarkan kepada kita agar menyingkirkan sesuatu yang mengganggu jalan termasuk amal baik.

Dari Abu Hurairah Rosulullah SAW bersabda 

“Ditampakkan kepada ku amalan seluruh umatku yang baik dan yang buruk. Aku melihat diantara amal baik mereka menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dijalan” (HR AHMAD & MUSLIM)

Dan dari segi medis pun memang kita harus mengubur bangkai hewan yang ada di jalan atau di sungai atau juga ditempat tempat umum. Jika di biarkan begitu saja atau dibung maka akan menyebabkan penyakit Toxoplasma pada manusia.

Wallahu alam bishowab


1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post