Tuesday, February 21, 2017

Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Assalamu'alaikum semua

Semoga dalam keadaan yang baik dan selalu dalam lindungan Allah SWT. ngomong2 kalian tau gak tentang Topkapi Sarayi atau Istana Topkapi merupakan Istana yang megah dan besar yang berada di Istanbul Turki.
Di Istana ini tersimpan berbagai peninggalan suci dan sangat bernilai milik Baginda Nabi Muhammad SAW serta Keluarga dan para Sahabatnya.
Fakta nya beradaban Islam saat ini merupakan warisan Rosulullah SAW ratusan tahun lalu silam, kebesaran dan pengaruhnya pada kehidupan menjadikan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia. Meski Beliau telah tiada dan tidak ada satu pun manusia zaman sekarang yang tau bagaimana rupa sang Nabi, figurnya terasa dekat dengan kaum muslimin dan untuk melepas rasa rindu kepada Beliau marilah kita melihat peninggalan - peninggalan dari Rosululloh SAW yang tersimpan di Istana ini dan berikut inilah 5 peninggalan Nabi Muhammad SAW :


STEMPEL ROSULULLAH SAW



Stempel Rasulullah SAW yang terbuat dari batu yang berwarna merah dengan ukuran panjang 1 cm diatasnya terdapat karya tulisan yang berbunyi ALLOH MUHAMMAD ROSUUL. dahulu stempel ini berbentuk cincin dari perak dan Rasulullah SAW selalu mengenakannya. dan stempel ini juga berfungsi untuk kegiatan surat menyurat.

SURAT TULISAN TANGAN ROSULULLAH SAW



pada tahun 1850 ditemukan manuskrip sera tulisan tangan Rosulullah SAW dan kemudian manuskrip ini di kirim ke Istanbul untuk di berikan kepada Sultan Abdul Majid sebagai penghormatan dan menjaga peninggalan - peninggalan berharga Nabi, Sultan Abdul Majid membuatkan kotak indah berlapiskan emas dengan ukuran 42 X 30 cm dengan tinggi 10 cm untuk menyimpan surat Rosulullah SAW.

DUA BUAH PEDANG ROSULULLAH SAW



  • Pedang Al Mathur memliki panjang 99 cm dan dengan sarungnya berlapis emas, sarungnya cukup tebal berbentuk segi delapan dan berhiaskan bunga. bagian gagangnya melengkung bertapakan batu zamrud  dan virus dengan hiasan 2 kepala ular.

  • Pedang Al Qadib termasuk pedang yang spesial, Pedang sepanjang 100 cm adalah pedang pertahanan atau pedang persahabatan dan tidak digunakan untuk pertempuran. Pedang ini memiliki berat tanpa sarung 930 gram sedangkan dengan sarung berat nya mencapai 1,684 Kg 
BUSUR PANAH RASULULLAH SAW


Panjang busur ini mencapai 118 cm dengan berat 286 gram dan busur ini terbuat dari jenis pohon rotan dengan ujung - ujung nya yang lancip. Sungguh menakjupkan membayangkan Nabi Muhammad SAW memanah dengan busur ini.

JUBAH RASULULLAH SAW


Jubah beliau tersimpan di dalam sebuah kotak yang berlapiskan emas. Setelah kepergian Baginda Nabi, jubah beliau ini sempat dikenakan oleh Khalifah dan para Sahabat - Sahabat hingga akhirnya pada tahun 1517 saat yavuz sultan selim menaklukan Mesir jubah ini berpindah tangan ke tangan Utsmani dan kini Jubah Rosulullah SAW tersimpan apik di Istana Topkapi.

Dan itulah 5 peninggalan Nabi Muhammad SAW, semoga dengan kita melihat sejarah peninggalan Beliau bisa meningkatkan keimanan kita semua amin ya Allah.
semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangannya.
terimakasih

Wasalamu'alaikum

No comments:

Post a Comment

Popular Posts