Wednesday, February 22, 2017

KEJUJURAN ITU PENTING


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh
Apa kabar kalian? semoga dalam keadaan yang baik dan sehat wa afiat serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT. amin Ya Robbal 'Alamin. teman, kejujuran iru hal yang sangat penting walau kadang sangat sulit dilakukan. 

padahal Nabi Muhammad SAW sebagai utusan untuk umat manusia, dijadikan sebagai uswatun hasanah, teladan untuk umat manusia didalam hidup dan kehidupan kita. Menjadi contoh yang baik di dalam hubungan kita yang kita bangun kepada Allah atau hablum minallah, juga beliau sebagai contoh di dalam hubungan baik kita sesama manusia. Beliau dipercaya oleh masyarakat Arab bukan hanya ketika menjadi nabi melainkan sebelum itu, beliau telah menjadi orang yang dipercaya oleh masyarakatnya sehingga beliau dijuluki dengan al-amin atau orang yang dapat dipercaya. Perbuatan ini tidak lepas dari sifat beliau yang selalu berkata jujur. Jujur dalam hatinya, didalam perkataan dan perbuatan.

Mengapa kejujuran begitu penting untuk hadir di dalam kehidupan kita, karena dengan sikap jujur kehidupan yang kita jalani jauh lebih baik, hati yang kita miliki jauh lebih tenang dan lebih tentram, mental yang kita miliki jauh lebih kuat dibanding kalau kita tidak jujur. Seandainya tidak ada kejujuran di dalam kehidupan kita, maka dimanapun kita berada, dalam situasi dan kondisi bagaimanapun sungguh kita tidak akan merasakan ketenangan, tidak akan merasakan ketentraman. Justru yang terjadi adalah ketakutan, kegelisahan, ketidaktenangan,dan lain sebagainya. 

Hal ini dikarenakan sering dan selalu berkata tidak benar. Satu perkataan bohong maka akan menimbulkan efek selanjutnya yaitu berkata bohong untuk menutupi kebohongan kedua, kebohongan ketiga akan dilakukan untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Manusia yang tidak memiliki sifat jujur, maka ia akan menjadi manusia yang hina di muka bumi ini lebih- lebih di akhirat nanti. Walaupun faktanya ada juga orang yang sering berbohong itu orang yang mulia dihadapan manusia, itu tidak menjamin kemulian dihadapan Allah. Bahkan ia dijanjikan neraka. Mengapa kita harus jujur, karena ia merupakan bagian dari sifat positif manusia. Kejujuran adalah bagian dari harga diri kita yang harus di jaga karena bernilai tinggi, orang yang kehilangan uang bisa dicari lagi, tapi kehilangan kejujuran susah untuk diganti. 

Orang yang merusak KEJUJURAN sangsinya akan berat dan berlangsung lama, karena juga diikat dengan hati nurani manusia, keduanya merupakan anugerah dari Allah swt. Dua elemen itu saling keterkaitan. Ketenangan jiwa dan ketenangan batin itu tidak lepas dari hati nurani yang tenang, bila hati tidak tenang, hal ini dikarenakan tidak berbuat tidak jujur. Seorang wartawan misalnya, yang menyebarkan berita yang tidak benar alias kabar dusta, dengan tujuan beritanya laku dikonsumsi masyarakat. Begitu juga dengan seorang politikus, yang tak henti-hentinya mengobral janji-janji dusta, guna menarik simpati dan dukungan dari masyarakat, atau memfitnah untuk menjatuhkan lawan politiknya, begitu juga halnya pedagang, yang bermain curang dalam takarannya, untuk mendapatkan untung yang besar. Berkata bohong sebenarnya ciri daripada orang munafik, dan orang munafil itu tempatnya di neraka yang paling dalam. Ciri orang munafik sebagaimana yang diungkapkan dalam hadish ialah : Berbicara bohong, berjanji ia dusta, dan apabila dipercaya ia khianat.

Ada sebuah ungkapan : KATAKAN DENGAN JUJUR WALAUPUN KEJUJURAN ITU PAHIT. Ibarat obat, terkadang semakin obat itu pahit, maka semakin manjur untuk menyembuhkan penyakit. Kejujuran akan menyembuhkan setiap orang dari segala bentuk penyakit hati, kemunafikan,ria, dengki, dan berbagai penyakit hati lainnya. Semoga jujur menjadi hal yang sering dan selalu ada pada diri kita. Amin.

semoga dengan membaca ini kita bisa menjadi orang yang jujur dalam kondisi apapun karena orang pinter di sini udah banyak tapi orang jujur itu sangat langka, mari kita berusah menghargai seburah kejujuran meskipun kadang pahit namun percayalah suatu saat nanti kita pasti mendapatkan buah manis dari sebuah kejujuran.
sekian dan terimakasih.
Wasalamu'alaikum.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts