Saturday, February 25, 2017

CARA MANDI NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASSALAM


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Apa kabar kalian ? semoga dalam lindungan dan selalu sehat wa afiat amin. di cuaca kali ini yang sudah memasuki musim hujan, kudu waspada banjir di Ibu kota hehe, mudah2an yang terkena musibah bisa di beri kesabaran dan ketabahan dalam ujian yang diberikan oleh sang maha pencinta. amin. ngomongin mandi, pasti kita bertanya2 dong, atau pernah dah terlintas di benak kita, gimana sih tata cara mandi yang di ajarkan Nabi. naah pas bangat daah, yuk kita simak keterangan di bawah ini.

Cara mandi yang diajarkan oleh Rasululloh Shollallohu 'alaihi wassalam adalah:
1. Bermula dengan segayung air disiram ke telapak kaki.
2. Segayung air disiram ke betis.
3. Segayung air disiram ke paha.
4. Segayung air disiram ke perut.
5. Segayung air disiram ke bahu.
6. Berhentilah sejenak kira-kira 5-10 detik.

Kita akan merasakan seperti ada uap yang keluar dari ubun-ubun, setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasa (cara mandi sendiri sesuai kebiasaan).

Hikmahnya:
Seperti gelas yang diisi air panas, kemudian air panas itu kita buang, lalu isi kembali dgn air dingin, apa yang terjadi? Pasti gelas akan retak/pecah.
Begitupun dengan tubuh kita yang memiliki suhu panas bila langsung menyiram pada bagian kepala maka angin/uap yang seharusnya keluar melalui kepala akan terperangkap dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan kematian mendadak karena pecahnya pembuluh darah.

Mungkin pernah kita mendengar orang yang jatuh di kamar mandi karena tiba-tiba 'stroke', bisa jadi kita sering masuk angin atau kepala migrain (sakit kepala sebelah) karena disebabkan cara mandi yang salah.

Cara mandi yang diajarkan oleh Rasululloh Shollallohu 'alaihi wassalam itu baik untuk semua umur. Mandi dengan cara yg telah disebutkan di atas juga sangat baik untuk orang diabetes, darah tinggi, migrain, kolesterol. Inshaa Alloh.

Sumber: Fatawa Arkanul Islam. Kitab shahih Imam Bukhari.

Naaah sekarang, udah pada tau kan. yuk kita amalkan sunnah baginda Rosulillaah, semoga diberikan keistiqomahan dalam mengamalkannya . amin Ya robbal 'alamin.
mungkin itu saja teman, semoga bermanfaat khusus nya buat admin dan umunya buat kalian semua. sekian dan terimakasih.

Wasalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

No comments:

Post a Comment

Popular Posts