Di ceritakan oleh Al Imam Al Quthub Al Habib ‘Ali bin Muhammad bin Husein Al Habsyi (Shohibul Maulid), bahwanya di Yaman ada seorang wali agung perempuan yang bernama Syeikhoh Sulthonah Rodhiallahu ‘Anha.. Beliau memiliki gelar Robia ‘atul Adawiyahnya Yaman Hadromaut.
Pekerjaan beliau ini setiap waktunya bahkan setiap hembusan nafasnya selalu bersholawat kepada Baginda Rosulullah S.A.W dan lebih hebatnya lagi, beliau ini tiada pekerjaan lain selain sholawat, kecuali di saat waktu sholat tiba.
Pada suatu ketika beliau mendengar suara yg tidak ada wujud seseorang yang meminta beliau untuk minta apa saja, dan permintaan tersebut pasti dikabulkan.
Namun beliau sebagai seorang ahli tashowwuf yang mursyid, jadi beliau tidak langsung mengucapkan permintaannya.
Beliau menemui Guru beliau dari keluarga Baqushoir, dan menanyakan kepada Guru beliau .. "Apakah ada di dunia ini ada maqom kewalian yang tidak ada lagi maqom sesudahnya ??"
Jawab Guru beliau : "Ada, yakni bertemu secara jaga dengan Rosulullah S.A.W". " Kemudian Syeikhoh Sulthonah meminta agar dipertemukan secara jaga dengan Baginda Rosulullah S.A,.W seketika itu juga Rosulullah S.A.W ada di hadapan beliau.
Pada zaman beliau banyak orang-orang titip salam kepada Rosulullah S.A.W lewat beliau, bahkan Rosulullah S.A.W titip menasihati kepada Syeikhoh Sulthonah untuk orang-orang sekitar Syeikhoh Sulthonah.
Bahkan Syeikhoh Sulthonah berani menjamin surga bila orang2 berziarah ke tempat beliau pada hari senin akhir bulan, dikarenakan saat itu Rosulullah S.A.W hadir di tempat beliau.
Begitu tingginya maqom kewalian beliau, sehingga beliau mengetahui maqom kewalian setiap orang..
Kecuali dua orang yang tak bisa Syeikhoh Sulthonah ketahui maqom kewaliannya, yakni;
“Al Imam Al Faqih Muqoddam Ats-Tsani Al Habib ‘Abdurrohman As Seggaf bin Muhammad Maula Addawilah”,
dan anak beliau “Al Quthub Al Imam Al Habib Abu Bakar As Sakron”. Yang mana Syeikhoh Sulthonah pernah hidup sezaman dengan dua orang Habib ini.
Maqom mereka tidak diketahui dan tidak bisa dijangkau oleh Syeikhoh Sulthonah karena begitu tingginya.
Setiap kali Syeikhoh Sulthonah mau mengejar maqom mereka, maka maqom mereka melesat begitu cepat seperti cahaya dan jauh ke atas.
Syeikhoh Sulthonah berkata;
Bahwasannya beliau sudah mengetahui siapa saja di antara wali-wali yang berkunjung kepadanya, kecuali dua orang yakni; “Al Imam Al Faqih Muqoddam Ats-Tsani Al Habib ‘Abdurrohman As Seggaf bin Muhammad Maula Addawilah”
dan anak beliau “Al Quthub Al Imam Al Habib Abu Bakar As Sakron”, karena mereka bisa langsung ada dihadapan Syeikhoh Sulthonah secara tiba-tiba tanpa diketahui oleh Syeikhoh Sulthonah.
Hanya saja kata beliau apabila Al Habib Abu Bakar As Sakron mau bertemu, pasti ditandai dengan suara gho’ib dari langit yang mengatakan :
"Telah datang seorang sulthon anak dari seorang sulthon Yaa Syeikhoh Sulthonah". Al Habib Abu Bakar As Sakron adalah seorang Sulthonul Auliya yang terkenal dari lapisan bumi yang paling bawah hingga ke seluruh langit, dan Ayah Beliau pun seorang juga seoarang Sulthonul Auliya.
Demikianlah bagaimana maqom seorang Auliya ALLAH SWT yang bertemu secara langsung dengan Baginda Rosulullah S.A.W di alam sadarnya.
Begitu tingginya dan begitu mulianya mereka kata Al Habib ‘Ali bin Muhammad Al Habsyi, apa lagi dengan para sohabat Rosulullah S.A.W, mereka bertemu secara langsung dengan Rosulullah S.A, W dengan kondisi Rosulullah S.A.W secara nyata, sedangkan para wali hanya bertemu dengan Rosulullah S.A.W pada alam yang lain.
Sungguh bertemu Rosulullah S.A.W secara jaga melebihi nikmat surga sekalipun.
Sungguh Para sohabat Nabi S.A.W sudah mendapatkan surga firdaus itu sebelum memasukinya.


Alloohhummaj'alnaa minhum Yaa Robb .......

Post a Comment

Previous Post Next Post